Keuntungan Menjadi Seorang HRD/Personalia

Untuk VISI dan MISI kedepan

tom_jerry_1Pertama-tama perlu saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan saya yang berkecimpung di dunia HRD Department khususnya SPO (Site Personnel Officer) yang ada di project-project bahwa anda telah menjadi orang yang “paling beruntung” dengan masuk di urusan Human Resource Department (HRD).

Keuntungan kita menurut pengalaman saya selama ini di HRD/Personalia adalah sbb :

Per-Tama adalah :

Anda akan menjadi orang pertama mengetahui jumlah karyawan dan jumlah masalah serta jumlah kebaikan yang ditimbulkan karyawan.

Ke-Dua adalah :

Anda akan menjadi orang pertama untuk meng-analisa- meng-evaluasi dan meng-eksekusi karyawan tersebut (positive movement dalam membina, melindungi dan menuntun)

Ke-Tiga adalah :

Dengan anda menjadi seorang praktisi HRD tentunya anda akan lebih banyak dapat perbendaharaan (kamus popular atau tidak popular), tentang sebuah permasalahan dan corrective application ( pencegahan & pengobatan )

Ke-Empat adalah :

Dengan begitu maka, untuk menjadi dasar-dasar seorang HRD, kita (anda dan saya) memerlukan tool-tool (peralatan) sbb :

a. Hati yang Ikhlas ( tidak memiliki hasrat membunuh, melainkan sayang )

b. Mata yang Tajam ( tidak melihat sebuah kelebihan kecuali segala kekurangan )

c. Kuping yang Baik ( Umpatan Negatif adalah hal yang baik untuk membentuk karakter kita, dari dipuji terus di penggal ) – terus bijakasanalah

d. HASRAT yang memiliki citra rasa DELIGHFULL, membuat sebuah perubahan semata-mata untuk menjadikan ke dua ( 2 ) katub menjadi IMBANG !

e. Yang terakhir : BERBAKTILAH PADA DIRI SENDIRI – BERBICARALAH UNTUK ORANG LAIN & KATAKANLAH TENTANG SEBUAH RASA YANG LEZAT JIKA KITA BERADA DALAM SATU HATI, SATU TUJUAN DAN SATU KOMITMEN, yaitu memajukan SDM Indonesia yang mengerti tentang Ketuhanan.

Sebuah gambaran yang tepat (menurut saya) dan juga jangan pernah mengharapkan terima kasih dari karyawan, tetapi berbahagialah apabila melihat orang lain (karyawan) merasa senang.

Thank you…..

Tentang julidf

Saya adalah seorang karyawan swasta yang pekerja keras, dan telah menikah serta mempunyai seorang putra usia 7 tahun.
Tulisan ini dipublikasikan di Catatan Harian, Pekerjaan, Personalia dan tag , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Keuntungan Menjadi Seorang HRD/Personalia

  1. Hertriani berkata:

    Salam kenal,terima kasih atas informasi mau pun artikelnya,ya.. Selama ini sejujur saja,saya kan belum pernah pegang jabatan staf personalia Adm/HRD,tapi sejauh ini saya ingin mempelajari pedoman lebih lanjut lagi,agar banyak mengetahui seluk beluk jabatan tersebut dan bisa mendalami karakteriksi yang sebenarnya,karena berhubungan saya diangkat oleh perusahaan ini sangat membutuhkan tenaga staf tersebut,jadi saya minta tolong kepada anda,jika bersedia memberi informasi lebih selanjutnya. Terima kasih,sebelumnya…sesungguhnya saya ini seorang tuna rungu bekerja guru mengajar siswa di sebuah sekolah swasta yang berlokasi di kabupaten Sukoharjo.

  2. jdf berkata:

    Salam kenal juga, saya berharap dan bersedia untuk sahring / berbagi pengalaman selama menggeluti dunia HRD. Syukur Alhamdulillah kalau kita tertarik dengan dunia HRD…bisa korespodensi via japri…

  3. silvia berkata:

    semoga kita semua selalu menjadi orang yang ikhlas..
    salam kenal bapak,,,,,
    saya sangat senang sekali membaca beberapa tips dari bapak,,,,,
    semoga itu semua bisa bermanfaat buat semua, khususnya saya pribadi.
    saya adalah lulusan D3 akuntansi, beberapa hari yang lalu saya melamar kerja di bagian staff logistic, tetapi pihak yang menginterview saya malah menawari saya di bagian hrd,,, saya sempat bingung, karena latar belakang saya adalah akuntansi, dan saya tahu bahwa hrd itu memerlukan banyak kemampuan soft skill. sedangkan saya kurang yakin dengan kemampuan soft skill saya,,, emnurut bapak, apa yang harus saya lakukan,,, sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas perhatian bapak, dan saya yakin solusi dari bapak akan sangat bermanfaat bagi saya. may good blees us.

  4. IIK SITI ROSIMAH berkata:

    Salam kenal dan salam sejahtera buat semua ,,,,,,,,,,
    pertama-tama saya ucapkan terima kasih pada bapak yang telah memberi gambaran tentang dunia HRD.. jujur sampai saat ini saya masih bingung dengan dunia HRD. saya adalah seorang lulusan kimia tekstil, yang sampai saat ini masih bekerja di perusahaan tekstil, di suatu kesempatan saya ditawari menjadi staf personalia, saya sempat ragu apa bisa saya menjadi seorang personalia dengan pengalaman kerja yang saya dapat selama ini ?? test pertama dan psikotest telah saya jalani, tinggal test kedua yang belum saya jalani, apa saya harus lanjut atau mundur???? saya berharap bapak memberi masukkan yang bisa saya pahami ,sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  5. F. Nurdiensyah. Praja berkata:

    Ass.Wr.Wb.
    Salam kenal pak,.
    saya seorang HRD yg bru saja bekerja sbgai HRD di Prushaan Tambang,..
    Sekiranya saya dapan minta masukan pak,..
    1. Bagaimana kita bisa menjadi HRD yang menarik di hadapan karywan tanpa melepas confidential dari HRD itu sendiri,.
    2. Di dalam HRD (internal) sendiri, pasti banyak karakteristik rekan kerja kita yang bermacam – macam,..bagaimana juga kita bisa menyamaratakan integritas HRD untuk Pegawai yang notaben nya, maaf “terkadang tidak mau mengerti” akan perasaan Karyawan..

    terima kasih pak,..
    ^_^,.. mhn maaf kepanjangan…
    salam..

  6. yovi berkata:

    Saya juga berlatqr bali ke Unelakang dari Accounting, tapi saya mendapat kesempatan dari perusahaan untuk menjadi HRD. Banyak hal yang kadang saya tidak tahu harus mengambil keputusan atau menjawab permasalahan yang timbul diperusahaan, karenannya kadang saya mencari jawaban dari Internet ataupun kembali menelusuri Undang-undang ketenaga kerjaan. Andaikan ada tempat sahring.

  7. yakuzaboy berkata:

    semua perusahaan merekrut HRD yang memiliki pengalaman di bidangnya minimal 1 tahun atau paling tidak yang merupakan tamatan psikologi

    rasanya sangat sulit bagi saya yang berlatar belakang SDM untuk terjun ke dunia HRD mengingat saya tidak memiliki pengalaman di bagian HRD sama sekali, bagaimana saya bisa memiliki pengalaman kalau saya tidak diberi kesempatan untuk bekerja sebagai HRD

    pertanyaan saya buat para HRD, apakah sebelum para HRD tersebut ketika berkecimpung sebagai HRD memiliki pengalaman di bidangnya?pastinya mereka tidak memiliki pengalaman sebagai HRD sama sekali, pengalaman mereka di dapatkan ketika mereka bekerja sebagai HRD

    sungguh ironi…

  8. trims infonya, sangat membantu bagi saya yang baru menjajaki bidang hrd.., mohon bimbingannya.

  9. Hade berkata:

    Terimakash pak, saya jdi semangat lagi menjalankn amanah ini, walaupun bru dan belum berpengalaman. Kita harus optimis bisa mnjadi pribadi yg ikhlas dan berdaya guna.

  10. Tri Buana Putri berkata:

    Slam kenal dari saya,,,saya adalah Personalia di bidang retail (swalayan), kesulitan saya karena saya baru saja lulus dari sekolah langsung erjun dan menagani masalah” karyawan….
    saya bingung saya ingin sekali karyawan mendengarkan saya tapi mereka memandang umur dan pengalaman saya yang masih terlalu kurang…bagaimana cara mengatasinya?

Tinggalkan Balasan

