Gaji Anggota DPR Kita

dprSebenarnya berapa sih gaji dari anggota DPR?

Pemilu 2009 adalah pemilu terbanyak yang melibatkan caleg atau calon legislatif, sebenarnya berapa sih gaji dari anggota DPR ?
Penerimaan anggota DPR terbagi menjadi tiga kategori, yaitu rutin perbulan, rutin non perbulan dan sesekali.

Rutin perbulan meliputi :

Gaji pokok : Rp.15.510.000

Tunjangan listrik : Rp 5. 496.000

Tunjangan Aspirasi : Rp 7.200.000

Tunjangan kehormatan : Rp 3.150.000

Tunjangan Komunikasi : Rp 12.000.000

Tunjangan Pengawasan : Rp 2.100.000

Total : Rp 46.100.000/bulan

Total Pertahun : Rp 554.000.000

Masing-masing anggota DPR mendapatkan gaji yang sama. Sedangkan penerimaan nonbulanan atau nonrutin. Dimulai dari penerimaan gaji ke-13 setiap bulan Juni.

Gaji ke-13 :Rp 16.400.000

Dana penyerapan (reses):Rp 31.500.000

Dalam satu tahun sidang ada empat kali reses jika di total selama pertahun totalnya sekitar Rp 118.000.000.

Sementara penghasilan yang bersifat sewaktu-waktu yaitu:

Dana intensif pembahasan rencangan undang-undang dan honor melalui uji kelayakan dan kepatutan sebesar Rp 5.000.000/kegiatan. Dana kebijakan intensif legislative sebesar Rp. 1.000.000/RUU

Jika dihitung jumlah keseluruhan yang diterima anggota DPR dalam setahun mencapai hampir 1 milyar rupiah. Data tahun 2006 jumlah pertahun dana yang diterima anggota DPR mencapai Rp 761.000.000, dan tahun 2007 mencapai Rp 787.100.000.

Woww.. pantas jika mereka mengejar kursi DPR, belum lagi dana pensiunan yang mereka dapatkan ketika tidak lagi menjabat.

Sumber: http://www.kabarinews. Com

Enak ya, kerjanya sambil tiduran di rapat, tapi digaji …
Padahal di Perusahaan tempat kita BEKERJA, kerja sampai pagi & tidur di kantor
pula, diomelin anak – istri, gaji lembur belum tentu di bayar, he.he.he,he..he. he.he

SELAMAT MEMILIH WAKIL RAKYAT
9 APRIL 2009 (PLEASE DO NOT MISS IT) –

JANGAN SALAH PILIH….!!

Tentang julidf

Saya adalah seorang karyawan swasta yang pekerja keras, dan telah menikah serta mempunyai dua orang putra berusia 15 & 2,5 tahun.
Pos ini dipublikasikan di Berita & Informasi, Pekerjaan, Personalia dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Gaji Anggota DPR Kita

  1. matsuo tomohisa berkata:

    whalaah podo ngorok kabehhh,

  2. Dinda Watson berkata:

    iih… padahal kalo perlu gaji mereka cukup 300 rb/bln aja…
    kerjanya aja ga ngapa2in…

    btw, lam kenal yakh!!

  3. pakarfisika berkata:

    semoga negara ini tidak dilaknat
    oleh sebab mereka yang khianat
    dan tidak amanat itu…

    katanya demi rakyat…?

  4. eliya berkata:

    bener juga sih…
    gajinya tinggi banget…..
    tapi kok tidur disidang….

    mungkin gak sih… kalau ketiduran itu karena kecapekan kerja terlalu keras… malam sebelumnya gak sempet tidur karena baru selesai sidang jam 3 malam🙂

    kalo lihat nominalnya kelihatanya sih gede banget dibanding gaji karyawan swasta yang rata rata 1 sampai 2 juta… sebulan…

    katanya sih… gaji pokok biasanya dipotong 30 % sampai 50 % untuk partai, belum lagi kalau pengurus daerah yang datang minta sumbangan dana, karena anak sunatan, istrinya sakit, atau mertuanya kawin lagi… udah datang minta dana… pulangnya minta di ongkosin… tapi tetap harus dikasih… karena pengurus partai daerah ini lah yang menjadi ujung tombak pada saat kampanye pemilu….

    belum lagi mang dul dan cak mamat yang bantuin nyebaran kaos dan pasang umbul-umbul partai… tentu minta bagian minimal jatah bulanan atau pas lagi perlu deh…

    belum lagi sumbangan dari yayasan ini atau yayasan itu….
    konstituen yang datang minta bantuan dana dengan nyodorin proposal kegiatan ….
    dan masih banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan…

    pasti koment… pantas harus korupsi…
    jawabannya… mana bisa korupsi lagi setelah kpknya sehebat sekarang…. pastinya semua telepon anggota dpr.. mulai gsm, cdm dan telepon rumahpun disadap… mana mungkin bisa korupsi… tanpa ditangkap…

    trus pertanyaanya apakah benar uang sebanyak itu bisa dinikmati….

    trus pertanyaannya… apakah benar anggota dewan itu gak ada kerjanya… (kecuali yang lagi tidur digambar diatas,,,,😉

    ada juga loh anggota dewan yang berjuang demi rakyat… tetapi suaranya kalah dalam voting.. sehingga undang-undang yang keluar tidak pro rakyat.

    anggota dpr dipersalahkan… padahal rakyat yang salah pilih… mengapa partai penguasa… partai orde baru bisa menang dalam pemilu…

    kenapa tidak pilih partai yang bisa memperjuangkan rakyat….

    (sabar bu.. jangan emosi….. ,,,
    gak kok……
    just sharing… agar rakyat jelas bahwa rakyat juga bertanggung jawab atas kebobrokan undang-undang yang dihasilkan dpr.. karena DPR ITU PILIHAN RAKYAT…

    JANGAN SALAH PILIH,

  5. julidf berkata:

    korupsi sih tidak kalau ga ada kesempatan… kalau ada …ya contohnya anggota DPR sebanyak 7 orang yg sdh berurusan dengan KPK….

    yang penting kita memilih wakil kita yang memang betul-betul merakyat dan memperjuangkan aspirasi kita….

    JANGAN SALAH CONTRENG…….TRENG….TRENG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s