Ijin Mendatangkan Tenaga Kerja Asing

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi saya selama bekerja dan menggeluti dunia SDM (HRD/Human Resources Departement) atau bahasa sehari-harinya disebut Personalia. Salah satu pekerjaan didunia HRD adalah pengurusan Ijin mendatangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) ke negara kita. Dibawah ini beberapa langkah yang harus ditempuh untuk ijin mendatangkan TKA tersebut :

Pertama yang harus anda miliki adalah :

1. Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), yang merupakan ijin prinsip bahwa Perusahaan anda diberikan ijin untuk hire Expatriat : berapa orang, untuk jabatan apa, dan berapa lama. RPTKA tersebut dikeluarkan oleh Depnaker Pusat di Jakarta ( dulu bagi Perusahaan PMDN dikeluarkan oleh BKPM Pusat ), dengan pengajuan ke Depnaker/Disnaker setempat untuk mendapat rekomendasi bahwa Perusahaan anda memang memerlukan TKA (Tenaga Kerja Asing).

2. Dokumen yang diperlukan secara lengkap tanya saja ke Depnaker/Disnaker setempat, mengenai biaya karena sistem otonomi tiap daerah mungkin punya tariff sendiri-sendiri. Pengalaman menunjukkan bahwa ada juga pegawai Depnaker/Disnaker yang mau menguruskan sampai keluar RPTKA dari Depnaker Pusat. Kalau mau diurus sendiri ya setelah terima rekomendasi dari Depnaker/Disnaker setempat, mengajukan RPTKA ke Depnaker Pusat di Jakarta. Perlu waktu yang cukup untuk itu, ada form aplikasinya, dokumen yg mesti disertakan dll.

3. Setelah dapat RPTKA baru kemudian mengajukan expatriat (TKA) yg mau kita mintakan ijin kerjanya ( dokumen expatriat tsb mesti dikirim dari negara asalnya, antara lain : copy : passport semua halaman, curiculum vitae, foto, ijazah, referensi/pengalaman kerja, dll ), diajukan ke Depnaker Pusat untuk mendapat rekomendasi,

4. Untuk kemudian diajukan ke Dirjen Imigrasi, untuk mendapat rekomendasi Ijin Masuk ke Indonesia dengan Visa untuk bekerja, yang dikirim ke Embassy kita dinegeri tempat domisili expatriat tersebut, dengan copy cable yg dikirim kepada Perusahaan kita. Setelah itu baru expatriat tersebut apply visa ke Embassy kita di negerinya. dan setelah itu baru bisa masuk ke NKRI dengan visa untuk bekerja.

5. Step berikutnya, setelah expatriat tiba di Perusahaan kita, harus lapor ke Kepolisian setempat untuk mendapat bukti lapor diri,

6. Ke kantor Imigrasi setempat untuk mendapat KITAS ( Kartu ijin tinggal sementara ), ke Kelurahan setempat juga.

7. Setelah mendapat KITAS mengurus SK Ijin Kerjanya dari Depnaker Pusat.

8. Dan juga ke Polda untuk menndapat STMD/SKLD (Surat Keterangan Lapor Diri).

Yah, memang pengurusan ijin TKA ini kelihatan sangat birokratis yang jadinya memang butuh waktu dan energi khusus, tapi itu memang tugas HRD/Personalia yang menyenangkan bagi saya juga mungkin rekan-rekan HRD lainnya, karena saya banyak bertemu dengan orang-orang berbagai instansi pemerintahan, dan knowhow/knowledge yg sangat berharga.

Kiranya catatan kecil harian saya ini cukup membantu dan dapat bermanfaat.

 

Semoga…..

Salam Super……..

Iklan

Tentang julidf

Saya adalah seorang karyawan swasta yang pekerja keras, dan telah menikah serta mempunyai dua orang putra berusia 15 & 2,5 tahun.
Pos ini dipublikasikan di Catatan Harian, Pekerjaan. Tandai permalink.

21 Balasan ke Ijin Mendatangkan Tenaga Kerja Asing

  1. agnessekar berkata:

    SElamat malam Julidf, terima kasih Infonya, sebagai bahan untuk merekrut tenaga asing, agar administratif, dan prosedural, Kalau tidak keberatan posting lagi sebaliknya, bagaimana syarat bekerja di LN atau jika menjadi PNS, menjadi titpan di kedutaan yang mewakili negara yang dituju, Dan pula apakah masih bisa secara administratif karena ikut suami kemudian kerja titipan di kedutaan ? Terima kasih jawabannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  2. Susi berkata:

    Terima kasih ya pak Julidf atas infonya….
    Sy dalam tantangan besar dan pada awalnya merasa bingung karena dalam minggu2 ini Bos saya ingin diuruskan KITAS. sebelumnya perusahaan saya PMDN dan sekarang sudah berubah status menjadi PMA. Browsing kemana-mana dan salah satunya saya berhasil mendapatkan info singkat tapi jelas dari bapak…sebagai balasannya saya ucapkan terima kasih pak atas ilmunya.

  3. Ester berkata:

    Bagaimana membuat KITAS bila orang asing tersebut tidak memiliki relative perusahaan yang ada di Indonesia?

  4. Tita berkata:

    Terima kasih atas infonya.
    Saya kebetulan sedang ngurus perizinan TKA ini.
    Tapi saya masih bingung, kalau yang mempekerjakan TKA ini orang asing juga gimana? maksudnya … saya kerja di perusahaan PMA, nah … pastinya direksinya ya orang asing semua … trus beliau juga berencana mendatangkan beberapa karyawan dari negara asalnya untuk support berjalannya perusahaan di sini. Bisa memberi saya pencerahan?

  5. Devi Artika Sari berkata:

    Asslkm wr wb, makasih informasinya ya…
    Info ini sangat aku butuhkan…
    klo bisa lebih terperinci lagi…
    punya gk peraturan-peraturan yang terbaru mengenai TKA.
    Makasih sebelumnya

    Wassalam
    Devi

  6. Hans berkata:

    Selamat Siang Bapak Julidf,
    Terima kasih untuk infonya, perusahaan kami adalah PMDN yang bergerak di bidang Pertambangan, kedepannya kita akan banyak mengunakan TKA dari China, di sini masih ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan,
    1. Apakah ada peraturan pengunaan TKA dengan Tenaga lokal kalau ada,
    – bagaimana perbandingannya? undang-undang nomor berapa?
    2. Apakah keluarga TKA bisa ikut tinggal di Indonesia?
    -kalau bisa dokumen apa saja yang harus di lengkapi?
    3. Berapa Jenis Kitas yang bisa di peroleh TKA?
    – Apakah ada perbedaan Kitas dengan jabatannya?
    – Batas waktu minimal dan maksimal berapa tahun untuk kitas yang di peroleh?

  7. julidf berkata:

    Untuk perbandingannya memang tidak ada, namun setiap TKA yang kita datangkan harus ada pendamping dari TKA lokal yg tercantum pada saat kita mengajukan RPTKA.

    Keluarga TKA tentunya bisa ikut tinggal di Indonesia, dimana dokumen yg harus dipenuhi sama seperti pengajuan untuk TKA itu sendiri.

    KITAS memang ada beberapa jenis, diantaranya KITAS u/ TKA, KITAS u/ Anak-Istri TKA, KITAS u/ Bayi, KITAS u/ (Istrinya Orang Asing)…KITAS tidak ada perbedaan untuk jabatan…semua sama…

    Mudah2an info singkat ini dapat membantu….Thanks

  8. Hans berkata:

    Selamat Siang Bapak Julidf,
    Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak atas Balasan dan Jawabannya.
    Untuk Jawabannya singkat ini bagi kami yang membutuhkan merupakan informasi yang sangat berharga.
    Untuk semua ini mudah-mudahan bapak di berikan Kesehatan dan Imbalan yang berlipat ganda oleh TYME
    maaf saya ada satu pertanyaan lagi untuk semua jenis Kitas ini maksimal dan minimal berapa lama dapat di peroleh

    Hormat Saya,
    Hans.S

  9. Laksmi berkata:

    Dear pak,
    untuk pengurusan kitas dibutuhkan surat nikah, jd apakah orang asing harus menikah dahulu dgn warga indonesia?baru bs memperoleh kitas?mohon infonya.terima kasih

  10. Deasy Arifin berkata:

    selamat sore pak judif, bpk sy ada niat mau buka resto menu india selatan, apakah sy bisa mendatang tukang masak dr india, bagaimana pengurusan izin pekerja asing : Tukang masak, pembuat Pastry, India sweet, karena sy membuka resto bertema anak muda yg santai; seperti kedai kopik MAMAK (malaysia).
    terima kasih atas pertolongan bapak sebelumnya.

  11. Emon Ronaldo berkata:

    Selamat Sore Pak JuliDF,saya baru saya membuka blok bapak ini,disini saya banyak mengetahui informasi permasalahan dan penyelesaiannya dari komentar teman sesama praktisi HR yang khususnya membidangi legalitas Ekspatriate…………..
    Kalau boleh saya bertanya, Di Indonesia Banyak Perusahaan yang berstatus Group (Contoh,Wilmar Group / Bakrie Group) yang mana di dalam nya terdapat lebih dari 3 Perusahaan / PT……Nak yang jadi pertanyaan saya….Apakah pada saat Pendaftaran Exspatriat tersebutdi RPTKA dapat atau di perbolehkan menggunakan Bendera Group untuk jabatan Koordinator Pabrik yang membawahi pengawasan 2 PT yang berbeda nama dalam wilayah kerja satu Propinsi.
    Demikian pertanyaan saya ini semoga mendapat tanggapan atau masukannya dan saya ucapkan terimakasih.

  12. shinta ginting berkata:

    Selamat pagi Pak,
    salam kenal ya…saya baru pertama ditunjuk untuk proses dokumen TKA, nanti mohon sharingnya ya pak…sukses selalu

  13. yayu berkata:

    terima kasih banyak, sangat membantu…

  14. Riva Prasetya berkata:

    Dear,

    Terima kasih untuk sharing ilmunya pa. TKA di perusahaan saya mempunyai rencana untuk tahun-tahun ke depan tidak akan menetap/stay di Indonesia, jikapun harus datang ke Indonesia tidak dalam jangka waktu yang lama. Apakah kepengurusan dokumen-dokumennya sama dengan TKA yang menetap di Indonesia.
    Mohon bantuannya, terima kasih.

  15. Dewa berkata:

    Maaf sebelunya ke pa’ Julidf izin ikut mengisi blognya.
    Just Sharing : Kebetulan perusahaan saya banyak mengunakan TKA dan kebetulan jg saya yg menagani urusan formalities nya.

    untuk kitas lama pengurusannya itu biasanya max 83 hari dan 23 hari untuk proses Urgent itu sdh lengkap smua.

    apabila TKA tersebut ke Indonesia membawa Istri itu harus pake surat nikah jika msh lajang cukup pake ijazah.

    Apapun jabatan nya TKA tsb tetap harus mengajukan izin KITAS lengkap mulai pengajuan RPTKA smp lap. keberadaan.

    Bpk Emon = kalo seperti itu nama ny Rangkap Jabatan, itu boleh tetapi yg membedakan ada di RPTKA nya, tetapi rangkap jabatan ini hanya boleh di lakaukan oleh seorang dengan jabatan Directur.

    Bpk Riva = Ybs bisa mengajukan KITAS dengan periode sesuai dengan kebutuhan TKA tsb. masa berlaku KITAS 1 bln dan max 12 bln utk sekali proses.

    Semoga bermanfaat.

  16. Adimas Yusuf berkata:

    selamat pagi ….
    sebelumnya saya berterimakasih bisa dapat ikut berkomentar/bertanya sebelumdan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih..
    pertanyaan saya ” bagai mana cara proses mutasi KITAS kerja menjadi KITAS pengikut suami yang pemegang KITAS kerja ”
    maaf sebelumnya kalo pertanyaan saya kurang jelas.. mohon penjelasannya.

  17. tita pratomo berkata:

    Slam…
    Pak Julidf mohon petunjuk ya… Jika perusahaan tempat saya bekerja berpusat di Jakarta tapi saya sendiri bekerja di anak perusahaan yang ada di kota Kabupaten dan kebetulan sayalah yang bertanggungjawab akan kelengkapan dokumen para ekspatriat di kota Kabupaten itu, maka dokumen apa saja yang harus saya persiapkan, karena ada dokumen yang cukup dilengkapi oleh pihak kantor pusat. Maksudnya biar bisa ringkes gitu…tolong syarat2 pengajuan juga pak ya… saya msih pemula..
    trimakasih banyak

  18. sapta hendra sutopo berkata:

    Ass. Wr. Wb. Pak Yulidf
    Terima kasih banyak untuk info di atas, sangat dan benar2 membantu saya yg baru mutasi ke devisi HRGA ini,

  19. kartika berkata:

    sore.. pak judif,
    saya minta bimbingannya, untuk SK pendamping tka itu formatnya seperti apa ya? dan itu yg membuat dari perusahaan yg bersangkutan tau dibuat di depnaker ya?
    thanks

  20. ayzah berkata:

    maaf pak,
    apakah pekerja asing yang bekerja di indonesia diwajibkan menggunakan bahasa indonesia..?

  21. ajen berkata:

    Emang sih pantasnya TKA bisa bhs Indonesia sebagaimana TKI.TKW harus pandai bahasa negara yg ditujunya ,Jadi kan Lancar ok.Bagaimana Mau bisa sukses menjadikan TKI sbg asisstant sbg calon pengganti TKA kalau berbahas tidak /kurang nyambung ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s