Kriteria Presiden Menurut CEO

Foto_CapresTiga pasang calon presiden dan wakil presiden telah secara resmi mencalonkan diri, banyak pihak yang mendukung pencalonan mereka, namun tak sedikit pula yang menyatakan ketiga pasang tersebut kurang memenuhi kriteria calon pemimpin. Lalu bagaimanakah kriteria presiden dan wakil presiden yang tepat menurut pandangan para CEO?

Menurut Agung Adiprasetyo, CEO Kelompok Kompas-Gramedia, presiden yang cocok memimpin Indonesia di masa mendatang adalah sosok yang visioner. “Indonesia berada dalam mental terjajah dan terbelakang. Presiden ke depan harus lepas dari mental itu. Dan mempunyai visi ke depan” terangnya usai peluncuran buku Indonesian Top CEO Wisdom: Precisious Lessons, di Jakarta, Selasa (16/6).

Menurutnya presiden yang akan datang juga harus dapat memandang Indonesia dari segi positif. Ia mencontohkan, jumlah penduduk sebanyak 240 juta jiwa harus dianggap sebagai suatu kelebihan yang tidak dipunyai oleh banyak negara.

“Misalnya juga cokelat, Swiss enggak punya kebun coklat. Mereka impor dari Indonesia, tapi justru cokelat Swiss yang terkenal. Presiden yang akan datang harus melihat hal itu,” kata dia.

Sedangkan Martha Tilaar, CEO Martha Tilaar Grup berpendapat presiden yang akan datang seseorang yang dapat membawa Indonesia keluar dari kemiskinan. “Kita sudah 63 tahun merdeka, tapi masih saja miskin. Pemipin baru harus mencari jalan agar kita dapat keluar dari perangkap kemiskinan ini,” terangnya.

Menurutnya program-program ekonomi yang dikampanyekan para pasangan capres-cawapres sudah berpihak pada rakyat, ia berharap program bukan janji semata dan dapat segera direalisasikan.

Sementara itu, Irham Dilmy, CEO Amprop Hever, berpendapat presiden terpilih harus mempunyai kemampuan yang baik dalam hal manajemen bangsa. “Harus memiliki kemampuan secara luas dan multi-sektoral. Presiden juga harus menguasai masalah budaya,” terang dia.

Yang tak kalah pentingnya, lanjut dia, presiden harus memilih menteri yang tepat. Karena menteri-menteri tersebutlah yang akan menjalankan segala keputusan presiden. “Menarik juga kalau dari awal calon presiden menunjukan siapa yang akan jadi menteri, agar publik dapat melakukan penilaian. Bisa tahu track record-nya seperti apa,” tuturnya.

JAKARTA, KOMPAS.com
Selasa, 16 Juni 2009 |

Tentang julidf

Saya adalah seorang karyawan swasta yang pekerja keras, dan telah menikah serta mempunyai dua orang putra berusia 15 & 2,5 tahun.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Berita & Informasi, Pekerjaan dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Kriteria Presiden Menurut CEO

  1. Sby OK berkata:

    berasal dari keluarga seperti kita2, berwibawa, bijaksana, cerdas, ganteng, intelegent, keren, percaya diri tinggi, sopan, tidak korupsi, pokoknya campuran superman sama arjuna.

    SBY PRESIDENTKU Lanjutkan

  2. kunjungan sobat, infonya bagus :D669

    terima kasih atas informasi nya.. informasi ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s