Sudahkah Kita Merdeka ? dan Kemenangan Sejati

HUT_RIKata “MERDEKA” selalu menjadi buah bibir kala Agustus dijelang. Pada bulan ini pula pembicaraan mengenai persatuan dan nasional menjadi topik hangat, terutama mendekati tanggal 17 Agustus, Hari Kemerdekaan RI. Tahun 2009 , usia 64 tahun akan dikecap bangsa ini. Sudahkan arti “merdeka” yang sesungguhnya berhasil diraih?

Seorang sejarawan, mengatakan, 64 tahun bukanlah usia yang terbilang muda. Di usia yang sudah “tua” ini, menurut dia, kemerdekaan seharusnya semakin dewasa. “64 tahun itu sudah tua, kemerdekaan seharusnya tumbuh menjadi dewasa. Tapi sekarang bukannya dewasa tapi malah seperti anak-anak. Lihat saja, ada capres yang merisaukan santet,” kata sejarawan tersebut di suatu diskusi.

Kemerdekaan, pada hakikatnya memberikan keadilan dan kemakmuran secara merata kepada masyarakat. “Kita harus mengembalikan ukuran apa yang kita mau capai dengan kemerdekaan. Lepaskan masyarakat dari belenggu kemiskinan,”

Bagi masyarakat miskin, kemerdekaan tetap masih membawa penderitaan. “Padahal, tujuan negara seharusnya menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Tapi lihatlah saat ini, kesenjangan ada di mana-mana,” Persoalan kesenjangan, hal ini justru menjadi permasalahan utama yang masih mewarnai Indonesia. “Pemerintah seharusnya bisa mendekatkan antara harapan dengan kenyataan,”

Kemenangan Sejati

BANYAK cara yang dilakukan rakyat bangsa ini memperingati HUT Kemerdekaan RI, mulai dari menggelar perlombaan hingga upacara yang menjadi ritual setiap tahunnya.

Memperingati hari kemerdekaan merupakan kewajiban setiap warga negara. Singkatnya, makna dari kemerdekaan adalah suatu kesempatan untuk bebas berkarya, bersikap, dan bertanggung jawab. “Artinya betul-betul merdeka. Artinya dalam negara yang merdeka tidak ada penindasan,”Makna bebas adalah bebas berekspresi, bebas berkreasi, tetapi tidak kehilangan identitas diri bangsa Indonesia. Cita-cita bangsa ini harus diwujudkan. Tetapi bukan hanya bebas dari penjajahan kedaulatan, namun juga penjajahan Ekonomi, Sosial, dan Ilmu pengetahuan.

Acara-acara pada HUT RI menjelang 17 Agustus seperti balap karung, makan kerupuk, panjang pinang, dan tarik tambang adalah ritual dari perayaan. Sementara tangkai olahraga seperti sepakbola, bulutangkis, voli, tenis meja serta beberapa perlombaan diadakan. Sayangnya ada beberapa cabang yang tidak diperlombakan.

Kemerdekaan akan lebih bermakna jika pemerintah khususnya pemerintah daerah memperhatikan segala bidang termasuk olahraga & pendidikan. “Kemajuan di segala bidang termasuk olahraga & pendidikan adalah KEMENANGAN SEJATI.

Artinya pemerintah menyelaraskan kemajuan di segala bidang.

Bravo Indonesia……

MERDEKA

Tentang julidf

Saya adalah seorang karyawan swasta yang pekerja keras, dan telah menikah serta mempunyai dua orang putra berusia 15 & 2,5 tahun.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Catatan Harian, Personalia, Umum dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s