Tetaplah Menjadi BEDA

Minggu kemarin saya mengantar kedua anak saya untuk pergi ke Dufan. Apa yang terjadi. Wow….sekujur tubuh pegal-pegal, karena setiap anjungan harus antri satu jam kadang lebih. Ini benar-benar gila. Pengunjung begitu rame dan antrian panjang seperti orang antri beras.

Bagaimana bila ini terjadi dalam kehidupan kita. Jika kita melakukan hal yang sama dengan kebanyakan orang maka PASTI akan jauh lebih berat dan melelahkan. Jika semua orang pergi ke Dufan saat anak-anak liburan sekolah dan hari Minggu, maka pasti persaingan akan jauh lebih gila. Baik saat masuk Ancol, maupun saat antri di setiap anjungan.

Bila banyak orang menjual pisang goreng, maka menjual pisang goreng lagi akan “menciptakan lagi antrian dufan di hari liburan sekolah”. Jika semua orang ingin menjadi Accounting Manager, maka posisi itu akan menjadi berat, bila seorang ingin berbisnis bimbingan belajar, sedang sudah begitu banyak bisnis bimbel, maka hal itu akan menjadi persaingan yang ketat dan melelahkan.

Kita tidak perlu takut bersaing, namun menghindari persaingan karena keunikan diri ini adalah suatu langkah yang cerdas.

Apa yang kita butuhkan?

Yang kita butuhkan hanyalah menjadi BEDA. Sekali lagi menjadi beda sudah merupakan setengah dari persaingan. Bersemangatlah untuk menjadi beda, berjuanglah untuk menemukan kelebihan diri, keunikan diri. Bertahanlah dalam arus deras kebanyakan orang. Karena jika tidak maka anda akan antri panjang dan melelahkan.

Mudahkah menjadi beda?

Tuhan menciptakan diri kita sangat unik. Retina mata anda berbeda, aroma tubuh anda berbeda, sidik jari anda berbeda, orang tua anda berbeda, dan memiliki pendidikan berbeda. Perjalanan hidup anda berbeda, lingkungan anda berbeda, yang anda pelajari berbeda…….Sekali lagi yakinkan diri anda adalah diri yang unik, yang memiliki kelebihan dibanding siapapun makluk hidup di planet ini.

Jadi sesungguhnya diri ini sudah sangat unik dan berbeda. Kita sudah unik, dan pertahankan serta bangun nilai-nilai dari keunikan anda. Perkuat terus citra diri yang unik itu, karena itu yang akan menyelematkan kita dari antrian panjang yang menguras tenaga dan emosi.

Selamat menjadi beda…. Salam Perubahan!

www.bisnispartner.com

Tentang julidf

Saya adalah seorang karyawan swasta yang pekerja keras, dan telah menikah serta mempunyai dua orang putra berusia 15 & 2,5 tahun.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Catatan Harian, Hikmah, Pekerjaan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s