Trik Bikin Senin Lebih Bersemangat

MalesAKHIR minggu adalah waktu kita untuk me-recharge tenaga dan menurunkan stres. Tak heran, Senin menjadi hari yang cukup berat karena harus memulai kembali pekerjaan kantor. Coba lakukan trik-trik berikut untuk menghilangkan istilah “I don’t like Monday” dari kamus Anda.

1. Naik tangga.
Mencoba naik tangga dan melewatkan elevator bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Naik tangga adalah pendorong tenaga yang alami, dan bisa memberi Anda stamina lebih dalam sehari. Bahkan menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh European Heart Journal, di tahun 2008, setelah memonitor 69 karyawan rumah sakit yang setiap hari selama 12 hari naik tangga di pagi hari, didapati bahwa kapasitas paru-paru mereka meningkat 8.6 persen, lemak tubuh berkurang 1.7 persen, lingkar pinggang berkurang 1.8 persen, tekanan diastolik darah berkurang 2.3 persen, dan kolesterol buruk membaik 3.9 persen.

Tentu Anda tak harus mengikuti langkah mereka persis. Coba lakukan hal ini selama seminggu, dan lihat hasilnya. Jika gagal, selalu ada Senin depan. Jangan pula memaksakan diri melakukannya. Mulailah secara perlahan, karena menaiki tangga secara perlahan saja sudah membakan kalori tiga kali lebih banyak ketimbang jalan perlahan dalam kondisi datar, jadi mulailah menaiki tangga ke 1 atau 2 lantai di atas Anda, lalu lanjut naik elevator jika kantor Anda berada jauh di atas. Menuruni tangga juga memiliki keuntungan yang serupa, yakni menjaga kesehatan jantung, memperbaiki keseimbangan dan postur, sambil membentuk paha bagian dalam dan luar.

2. Jalan kaki
Taklukkan rasa bosan di sore hari dengan berjalan kaki selama 10 menit di luar. Riset membuktikan bahwa perempuan yang berjalan kaki selama 10 menit setiap hari mendapatkan tambahan energi sebanyak 18 persen. Studi lain mendapati, dengan menghabiskan 5 menit berjalan kaki di dekat alam akan meningkatkan mood baik untuk perempuan maupun laki-laki.

3. Minum air putih
Air putih mineral amat disarankan ketimban minum minuman berenergi. Beberapa waktu lalu, situs Consumerlabs.com melansir hasil analisanya terhadap minuman berenergi kenamaan. Hasilnya mengatakan bahwa minuman berenergi kebanyakan mengandung kafein dalam jumlah yang cukup berbahaya. Studi lain bahkan mengatakan bahwa minuman semacam itu justru bisa membuat darah tinggi. Menurut majalah Prevention, orang-orang yang mengatakan bahwa ia kelelahan justru sebenarnya karena dehidrasi, coba penuhi kebutuhan tubuh akan air putih.

4. Camilan
Carilah camilan yang tinggi energi, tetapi rendah lemak. Coba konsumsi sayuran mentah segar, seperti wortel, atau daun mint yang bisa meningkatkan energi, atau konsumsi buah, seperti apel.

5. Tidur siang
Jika metode-metode di atas masih juga gagal, mungkin badan Anda sedang kelelahan dan butuh istirahat. Coba tidur siang sejenak. Ini bisa mendorong level energi dan produktivitas Anda. Menurut studi, mereka yang beristirahat dengan tidur siang setidaknya 30 menit bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung sebanyak 37 persen. Jika memungkinkan, waktu tidur siang yang disarankan adalah di antara jam 14.00-16.00. Carilah lokasi yang aman, seperti mobil Anda. Pastikan waktu istirahat Anda tidak merugikan siapa pun.

 

 

Sumber : Sripoku.com

Tentang julidf

Saya adalah seorang karyawan swasta yang pekerja keras, dan telah menikah serta mempunyai dua orang putra berusia 15 & 2,5 tahun.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Berita & Informasi, Pekerjaan, Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s